Cara Merakit Anderson Powerpole®

Anderson Powerpole® adalah konektor yang dapat digunakan multi fungsi pada keadaan darurat oleh tim CORE ORARI atau di kegiatan Amatir Radio sehari-hari, dengan alasan praktis dan mudah menggunakannya.

bagan-anderson

Mencoba pertama kali merakit rumah konektor plastik merah dan hitam secara benar cukup sulit, karena kedua rumah konektor tersebut bila telah disatukan sangat pas dan sulit untuk di pisahkan. Anderson Powerpole® sifatnya multi fungsi, selain dipergunakan oleh Amatir Radio juga dapat di pergunakan untuk keperluan lain.

Memasang rumah konektor bersama-sama sebelum memasukkan pin konektor kedalamnya sangatlah mudah, terutama bila menggunakan kabel berukuran besar.

Sebelum menyolder atau meng-crimping kontak pada kabel berukuran besar, putar dan posisikan kontak secara benar sehingga kabel hasil crimping  tidak terplintir.

Rumah plastik dipegang bersama dengan sendi geser/dovetail joint.  Selalu menarik konektor secara bersamaan.,  Bila di tarik secara sendiri2 akan mengakibatkan kerusakan.  Hanya ditarik/dicabut satu arah.. Hal ini harus menjadi perhatian yang baik.

Bila menginginkan sambungan yang tetap atau permanen dapat menggunakan lem powerglue atau sejenisnya.

roll-pin

Kontak masuk kedalam rumahan konektor hanya bisa satu arah.  Masukkan kontak rumah konektor, sisi tajam mengarah kebawah, sampai terdengar suara klik.  Bila tidak terdengar suara klik kemungkinan belum masuk secara penuh. Suara klik terdengar bila kedua kontak menepati posisi saling tindih didalam rumah konektor.

detai-kontak-anderson

Sebaikny berhati-hati bila mengkrimping kontak, bila tidak dilakukan dengan benar hasil krimping akan berbentuk besar sehingga susah masuk kedalam rumah konektor.  Pengalaman mengkrimping akan mempengaruhi hasil krimping kontak.  Anda tidak akan berhasil memasukkan kontak kedalam rumah konektor bila hasil krimping lebih besar dari rumak konektor.

lebar-kontak

 

ANDA TIDAK DAPAT MEMASUKKAN KONTAK KEDALAM RUMAH KONEKTOR BILA HASIL SOLDER ATAU KRIMPING ANDA TERLALU LEBAR ATAU TERLALU GENDUT.

potongan-konektor

suara-klik

kabel-terbalik

kontak-miring sudut-kontak-tepat

kontak-bengkok

Dorong kontak dengan mudah ke rumah kontak supaya terkunci dengan baik.  Bila kesulitan mendorong kontak ke rumah kontak, coba cek apakah hasil krimping atau solderan gepeng, terlalu besar atau kabelnya terpuntir sehingga sudut kontak tidak sama dengan rumah kontak.

Hati-hati bila menyolder kontak, jangan menggunakan timah terlalu banyak.  Jaga agar timah hasil solderan tidak tumpah melebihi lebarnya kontak.

Bila menggunakan crimping sesuaikan ukurannya dengan kontak yang akan di crimping sehingga tidak kesulitan ketika memasukkan kontak ke dalam rumah kontak.

powerpole-crimping

Ketika meng-crimp kontak pastikan kabel telah masuk semua kedalam kontak sehingga serabut kabel tidak meluber keluar.  Hasil crimp yang baik tidak boleh melebihi kontak yang tidak ter-crimp.  Bila hasil crimp gepeng karena menggunakan alat crimp yang tidah sesuai ukuranya, akan kesulitan mendorong kontak ke rumah kontak.  Bila ujung kontak bengkok, anda harus meluruskanya terlebih dahulu supaya mudah memasukkan kontak ke rumah kontak.

Menggunakan kecil atau besar sangat memungkinkan di cimp menggunakan 30 A atau 45 A konektor.  Menggunakan kabel dengan ukuran 10 (2,58 mm) akan kesulitan di pasangkan pada kontak 30A, harus dengan hati-hati memasukkan seluruh serabut kedalam kontak sebelum di crimp.  Akan lebih mudah dipasang bila menggunakan kontak yang lebih besar yaitu 45 A. Bila menggunakan kontak 30 A sebaiknya menggunakan kabel #16 (1,29 mm) atau lebih kecil agar mendapatkan hasil crimp yang baik.

Perbedaan kontak 30 Amp dan 45 Amp terletak di bagiam belakang kontak.  30 Amp bulat dan 45 Amp ujungnya berbentuk “U”.

anderson-powerpole1 anderson-powerpole2

anderson-powerpole-350-amp

 

 Terakhir.  Anda harus memastikan bahwa pemasangan kontak tidak terbalik, kabel hitam untuk rumah kontak berwarna hitam dan kabel merah untuk rumah kontak berwarna merah…73’


Sumber: https://powerwerx.com